Beregu Putra Raih Medali Emas SEA Games 2023

29f108d74de40fa7bc4d98fe851ce3bf11 Mei 2023

Satu medali emas berhasil dipersembahkan dari cabang olahraga bulutangkis melalui nomor beregu putra di SEA Games Cambodia 2023. Di babak final, Indonesia mengalahkan tim Malaysia dengan skor 3-1.

Turun di partai pertama, Kami (11/5), tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo berhadapan dengan Leong Jun Hao. Sayang di laga pembuka ini Chico harus mengalami kekalahan dengan 16-21, 13-21.

“Saya akui lawan bermain cukup baik hari ini, dia mengontrol permainan dan membuat saya keteteran. Lawan begitu konsisten bermain dengan polanya dari awal sampai akhir, saya malah terus mengikuti dia jadi banyak tidak enak di lapangan,” ujar Chico.

Tertinggal 0-1 tak membuat Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berkecil hati. Sebaliknya, mereka tampil mati-matian dan merebut kemenangan atas Beh Chun Meng/Goh Boon Zhe 21-12, 22-20. Bagas/Fikri mengatakan sempat kurang lepas di lapangan. Keduanya merasa kurang yakin dengan permaiannya. Beruntung akhirnya mereka berhasil mengatasi hal tersebut.

Di partai ketiga, Christian Adinata tampil impressive dalam mengatasi lawannya. Christian tak mau mengulangi hasil sebelumnya di semifinal yang harus kalah dan tak bisa menyumbang poin untuk timnya. Dalam 39 menit, Christian mengalahkan Lee Shun Yang dengan skor 21-17, 21-9.

“Hari ini saya lebih termotivasi setelah kemarin gagal sumbang poin. Puji Tuhan hari ini berhasil sumbang poin, senang banget. Saya tidak mau mengecewakan teman-teman, tim dan masyarakat Indonesia,” kata Christian.

Setelah unggul 2-1, pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan tampil sebagai penentu kemenangan. Berhadapan dengan Chia Weijie/Liew Xun, Pramudya/Yeremia terpaksa merelakan game pertamanya dengan 13-21. Syukurnya setelah itu, Pramudya/Yeremia berhasil merebut dua game berikutnya dengan skor sama 21-16, 21-16.

“Alhamdulillah kami bersyukur dengan hasil ini, apalagi kami menjadi penentu kemenangan. Rasanya bangga bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia,” kata Pramudya.

“Di game pertama kami merasa tekanan dan tensenya sangat tinggi jadi kami sedikit terbebani. Di game kedua dan ketiga pelatih mengingatkan bahwa skor kita sedang unggul jadi harusnya lawan yang banya tekanannya jadi kami berusaha membalikkan keadaan dan mengontrol keadaan itu sampai selesai,” ungkap Pramudya lagi.

Dengan hasil ini maka satu target bulutangkis sudah berhasil dicapai. PBSI sebelumnya menargetkan empat medali emas melalui nomor beregu putra, tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran.

Sebelumnya di beregu putri, Indonesia finis dengan medali perak usai kalah 0-3 dari Thailand. (PB Djarum)

Leave a Reply