[Piala Thomas] Fajar/Rian Pastikan Indonesia ke Final

Aarhus, 16 Oktober 2021
Tim bulutangkis Indonesia maju ke final perebutan Piala Thomas 2020. Kemenangan 3-1 atas tuan rumah Denmark, mengantarkan skuat Merah-Putih merebut tiket ke partai puncak untuk bertemu China.

Kepastian kelolosan Indonesia ke partai puncak perebutan trofi lambang supremasi bulutangkis beregu putra dunia itu ditentukan oleh Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto. Pasangan rangking tujuh dunia ini berhasil mengalahkan ganda racikan baru Denmark, Mathias Christiansen/Frederik Sogaard. Hanya dalam 38 menit, mereka menang 21-14, 21-14.

“Saya bersyukur bisa mengantarkan Indonesia ke babak final Piala Thomas. Tadi kami bermain lebih lepas dan sangat menikmati pertandingan,” kata Fajar usai laga.

Suara senada disampaikan Rian. “Kami bersyukur bisa memenangkan pertandingan. Kemenangan ini begitu berarti karena bisa mengantarkan Indonesia ke final. Sangat berarti sekali bagi kami, apalagi ini adalah event beregu terbesar,” tambah Rian.

Diakui oleh Fajar, motivasinya begitu besar untuk membuat sejarah di pentas Piala Thomas yang sejak kecil dia impi-impikan. Kini dia bisa menjadi bagian dari sejarah tersebut.

“Dulu saya bercita-cita bisa masuk ke Piala Thomas. Sekarang saya bisa masuk tim dan ikut menyumbangkan angka kemenangan Indonesia,” sebut Fajar.

Menurut Rian, setiap dipercaya turun bertanding, dirinya akan total untuk tampil maksimal. Tidak terkecuali saat menghadapi Christiansen/Sogaard yang didukung penuh penonton.

“Saat dipercaya turun sebagai ganda kedua, kami akhirnya bisa memaksimalkan penampilan dengan memberikan hasil terbaik. Kemenangan ini paling tidak bisa membawa Indonesia ke jajaran paling tinggi,” tutur Rian.

Ditambahkan oleh Fajar, kemenangan Jojo atas Anders Antonsen di partai ketiga, ikut mendongkrak performanya di lapangan. Mereka bisa nyaman bermain dan tampil makin percaya diri.

“Kemenangan Jojo sebelumnya, membuat performa saya bersama Rian lebih nyaman. Keunggulan Indonesia 2-1 atas Denmark itu makin menambah kepercayaan diri untuk menuntaskan dengan kemenangan,” tegas Fajar. (*)

Hasil Semifinal Piala Thomas Indonesia vs Denmark (3-1)

Athony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen, 9-21, 15-21

Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs
Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmus, 21-13, 10-21, 21-15

Jonatan Christie vs Anders Antonsen, 25-23, 15-21, 21-16

Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto vs Mathias Christiansen/Frederik Sogaard, 21-14, 21-14

Leave a Reply