Komunitas Masyarakat Bulutangkis Indonesia di Belanda

MBI CUP 21 juni 2014__018Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap bulutangkis, sudah sangat melekat. Komunitas bulutangkis dalam skala kecil maupun maupun besar, lahir ditengah-tengah masyarakat tanah air. Bahkan masyarakat Indonesia yang bermukim di luar negeri, tetap menunjukkan kecintaan terhadap bulutangkis. Salah satunya warga Indonesia yang bermukim di Belanda yang mendirikan Masyarakat Bulutangkis Indonesia (MBI) Belanda.

Sejarah berdirinya MBI Belanda bermula pada tournament badminton Maastricht cup 2007, merupakan turnament bulutangkis tahunan yg di adakan oleh PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Maastricht. Disana para pecinta bulutangkis di Eropa (bukan hanya Belanda) bertemu dan bertanding selama 2 hari. Seusai Maastricht cup 2007 beberapa peserta asal Belanda saling melakukan kontak via email, dipelopori oleh Helmi Mahara ,Ismail Husain,Raymond Frediansyah, Suhanto, Andy Tan, mengadakan pertemuan bulutangkis alias MABAR (di-inspirasi oleh MBI di Indonesia ) sebulan sekali dengan lokasi berpindah-pindah.

Bermula dari Delft, Utrecht, Sassenheim,Den Haag dan seterusnya. Nama MBI Belanda kita adopsi dari MBI di Indonesia atas usul dari Antok yang berdomisili di Swiss yang terlebih dahulu sering kontak dengan MBI Indonesia. MBI Belanda merupakan klub kedua dari para anggota-nya karena rata-rata anggota-nya tinggal dikota yg berbeda dan bergabung dengan klub bulutangkis dimana mereka tinggal.

MBI CUP 21 juni 2014__339“Dengan animo yang besar dari anggota, pengadaan Mabar bulanan dirasa kurang. Akhirnya diadakan Mabar menjadi seminggu sekali di kota Den Haag mulai tahun 2009,” ungkap Ismail Husain, salah saeorang pendiri MBI Belanda kepada Jurnal Bulutangkis.

Anggota MBI Belanda cukup bervariatif dari berbagai kalangan dan nasionalitas. Ada yang orang Indonesia asli,keturunan, orang Belanda pribumi, China, Hongkong, Malaysia dan penduduk Eropa lainnya.

Pada tahun 2011, MBI Belanda melakukan merger dengan KBRI Indonesia di Den Haag dimana kepengurusan MBI diisi oleh anggota MBI dan staff KBRI di era ibu Retno Marsudi (sekarang menjabat menjadi Menlu) Kegiatan2 MBI Belanda – mengadakan Mabar mingguan dan pelatihan anak-anak usia dibawah 12 tahun. – turut serta dalam turnament2 yg diadakan oleh NBB (Nederlands Badminton Bond), PPI dan instansi instansi umum lainnya.

Banyak sekali anggota MBI Belanda yg berhasil menjuarai kejuaraan-kejuaraan tersebut. – menjadi semacam network access , contact person(s), supporters bagi para pemain pemain dari Indonesia yang mengikuti turnamen Internasional di Belanda misalnya : Dutch Open, Velo Yonex international, Kejuaraan Dunia Junior di Haarlem dan event badminton lainnya.

Tahun 2014, MBI Belanda sukses mengadakan MBI cup pertama yg diikuti penggemar bulutangkis dari Belanda, Denmark, Perancis dan Belgia. Lalu, tahun 2015 MBI cup II akan diadakan pada tanggal 13 Juni 2015 yg mempertandingan 15 kategori ( tunggal putra,tunggal putri,ganda putra,ganda putri dan ganda campuran ) dari 3 tingkatan ; dasar,menengah dan atas.

Berbagai kegiatan MBI Belanda telah menunjukkan bahwa komunitas ini memiliki organisasi yang rapi. Ini bisa menjadi contoh bagi organisasi komunitas bulutangkis lainnya.

Leave a Reply